ad

Jumat, 27 September 2019

Google classroom




Pada tahap awal tahun 2014 – 2016 , pengembangan googleclassroom tidak diperuntukan untuk semua orang hanya sekolah yang bekerjasama dengan google , namun di bulan Maret 2017 google classroom dapat diakses oleh seluruh orang dengan menggunakan google pribadi . Hal ini yang dapat dimanfaatkan oleh guru , siswa dan wali murid dalam pembelajaran , sehingga tidak diperlukan kerja sama dengan google. Pemanfaatan secara terbuka dapat memberikan keuntungan bagi pengguna google classroom .
Penelitian yang dilakukan oleh Shampa Iftakhar ( 2016 ) dengan judul google class room : What Works and How ?  berisi mengenai bahwa google classroom membantu untuk memonitoring siswa untuk belajar . Guru dapat melihat seluruh aktivitas siswa dalam pembelajaran di google classroom . Interaksi antara guru dan siswa terekam dengan baik . Adapun fitur yang dimiliki oleh google classroom menurut Wikipedia ( 2017 ):
  1. Assignments ( tugas )
  2. Grading ( pengukuran )
  3. Communication ( komunikasi )
  4. Time –cost ( hemat waktu )
  5. Archeive course ( arsip program )
  6. Mobile application ( aplikasi dalam telepon genggam )
  7. Privacy ( privasi )

Al hamdulilah perkuliahan di Politeknik Mitra Karya Mandiri ini telah menggunakan google classroom . Banyak kemudahan yang didapat dalam proses perkuliahan seperti ini misalnya memudahkan dalam mengecek kelengkapan tugas, mengumpulkan tugas dan mengetahui nilai tugas dari setiap mata kuliah .
Harapan saya semoga di massa mendatang perkuliahan semacam ini tidak menjadi hambatan dalam meraih gelar tetapi justru memudahkan dalam memperoleh gelar di Politeknik Mitra Karya Mandiri .
Bagi teman – teman atau rekan – rekan sekalian silahkan bergabung bersama kami di Politeknik  Mitra Karya Mandiri . Kita akan belajar bersama dengan menggunakan metode googleclassroom dan segala fasilitas yang ada didalamnya.


Referensi :
Rachmadyanti , Putri Vicky Dwi Wicaksono.” Pembelajaran Blended Learning Melalui
Googleclassroom di Sekolah Dasar “, Makalah ,Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS &HDPGSDI, Jawa.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar